Temukan Usaha Modal Kecil Atau Bisnis Tanpa Modal

Untuk usaha modal kecil mungkin banyak, tetapi bagaimana dengan memulai bisnis tanpa modal sedikitpun?

Fokusnya adalah pelajar, diusia antara 17-20 tahunan,

mereka mulai menyadari memang memerlukan banyak uang selain dari orang tua untuk keperluan pribadinya.

Akhirnya sebagian berfikir untuk mengambil pekerjaan sepulang sekolah, tentu banyak pertimbangan yang harus difikirkan.

  • Fokus belajar
  • Membagi waktu
  • Lelah

Beberapa orang tua juga tidak setuju jika anak anaknya harus mengorbankan prestasi belajar demi uang yang sebenarnya telah dipenuhi.

…Tapi tidak sedikit yang senada jika anak mampu memanfaatkan peluang bisnis dan menggali potensi untuk tambahan uang jajan, mengapa tidak?

Faktanya,

sudah begitu banyak contoh dari pengusaha muda yang awalnya hanya tambahan uang jajan sekarang menjadi penghasilan utama untuk seluruh keluarga.

Itu jika tekun, tidak ada yang tak mungkin.

Cara Menemukan Bisnis Tanpa Modal

Kalau hanya untuk uang sehari hari, saya yakin orang tua sudah mencukupi.

Tapi, sudah pasti anak muda saat ini lebih banyak kebutuhannya. Beli paket internet, hang out, nongkrong dan pacaran. Sudah umum.

Dari sinilah timbul pemikiran untuk menemukan bisnis tanpa modal atau keinginan untuk memulai usaha kecil-kecilan. Idenya ada, hanya caranya yang masih abu-abu malah membuat gagasan itu hanya menjadi angan.

Sebenarnya apakah ada usaha kecil yang dapat dilakukan dengan atau tanpa modal? Tentu ada. Meskipun hanya bisnis tanpa modal, masa depannya tetap memiliki potensi untuk tumbuh dan berkembang.

Kalau sekedar memberikan daftar peluang usahanya, saya yakin percuma. Sudah pasti hanya dibaca dan akhirnya “Oo itu, bener juga ya”, percuma.

Lebih baik melakukan analisa dan ciptakan sendiri peluang usaha modal kecil atau bisnis tanpa modal itu dengan kemampuan sendiri, caranya?

Adakah Usaha Modal Kecil Atau Bisnis Tanpa Modal?

Sederhana saja,

coba cari tahu tentang pebisnis sukses dalam atau luar negeri. Contohnya, Bill Gates yang konon penghasilan perdetiknya sekian ribu dollar, Alm Bob Sadino yang terkenal ndeso tapi kaya.

Anda mungkin akan mengira bahwa sudah jelas menjadi pengusaha itu hidupnya dijamin sejahtera.

Tapi jangan lupakan bagaimana nama-nama besar itu pernah jungkir balik ketika memulainya.

Intinya, untuk menemukan peluang itu, jangan terpaku bagaimana kisah suksesnya saja. Jangan takut untuk membayangkan kemungkinan gagal dan resiko buruk lainnya, itu salah satu bagian dari sukses, tepatnya berhasil melewati proses.

Mulai Dari Lingkungan Sekitar

Coba lakukan ini untuk menemukan bisnis dan usaha apa yang cocok dan dapat Anda mulai dengan segera:

  1. Peka
    Kalau susah memahami maksud peka, mungkin lebih mudah jika saya sebutkan kepo.Jiwa pengusaha itu curious, rasa ingin tahunya melebihi batasan. Itu baik.Untuk menemukan peluang bisnis, cari tahu semua hal yang ada disekitar Anda. Lihat bagaimana prosesnya dan jangan malu untuk bertanya.
  2. Polos
    Polos dengan (maaf) kurang pintar itu berbeda.Dan kebanyakan orang pintar itu polos. Pengusaha tidak harus pintar, karena dasarnya orang pintar itu langka. Yang ada hanya orang sok pintar yang ngerti sedikit tapi banyak bicara.Coba dekati orang-orang yang berhasil memulai bisnis dan gali informasi sedalam mungkin, saya yakin gratis jika tahu cara pendekatannya.
  3. Berteman
    Ingat, salah berteman akan menjadi boomerang.Tapi jika tidak berteman, Anda akan sulit melangkah jauh.Caranya, jangan batasi teman Anda, yang harus dibatasi justru sikap Anda dalam berteman.
    Khususnya pelajar, awal kehancuran biasanya berawal dari sini.

Itu hanya sebatas cara menganalisa bagaimana untuk menemukan peluang disekitar Anda. apa sudah cukup?

Sebenarnya cukup untuk pertimbangan, tetapi peluang itu bisa datang dari mana saja. Jangan cepat mengambil keputusan, pertimbangkan baik-baik.

Maksimalkan Penggunaan Teknologi

Manfaatkan gadget untuk temukan peluang bisnis Anda sendiri, kurangi sedikit kegiantan buang buang waktu untuk bermain game. Hanya kurangi, tidak perlu ditinggalkan.

Dengan gadget, banyak cara untuk menemukan bisnis tanpa modal. Malahan, satu dekade terakhir mendadak muncul pengusaha pengusaha muda dari aktifitas yang tidak disengaja melalui internet.

  1. Membaca & Mendengar
    Sangat disayangkan, kemudahan akses informasi tidak dimanfaatkan sebaik mungkin. Padahal, kecanduan internet tidak selalu berdampak negatif.Coba saja luangkan waktu sedikit dan bersungguh sungguh mencari tahu tentang hal positif.Besok lusa dan selanjutnya Anda pasti kecanduan untuk melakukannya lagi.Membaca dan bergabung pada forum sepertinya hingga saat ini masih gratis dan tidak dipungut biaya.Dengan platlatform kenamaan Youtube juga lebih mudah lagi.

    Cari dengan keyword peluang usaha. Pasti banyak informasi yang ada disana dari yang sudah lebih dahulu sukses baik dari luar dan dalam negri.

  2. Diskusi
    Poin diatas juga perluasan dari kepo. Hanya saja media nya yang berbeda, bahkan lebih luas dengan koneksi dan jangkauan internet, tidak terbatas di lingkungan sekitar.Sedangkan maksud dari diskusi ini, mendalami strategi berteman dan bagaimana cara menjadi lebih pintar.
    Manfaatkan media sosial untuk menemukan peluang bisnis.Minimal, anda mendekati orang orang yang mamu berbagi ilmu. Diskusikan apa yang tidak Anda mengerti.
  3. Rencanakan
    Terlalu lama memikirkan jenis usaha itu menjenuhkan, tapi sekali lagi ini prosesnya.Buat daftar ketertarikan dan teliti peluang jangka panjang dari daftar tersebut.Ada banyak jenis usaha, yang paling umum ya berjualan.
    Kalau punya skill khusus, Anda bisa juga menciptakan produk sendiri.

Kenali Jenis bidang usaha untuk pelajar, coba pertimbangkan. Ada banyak bidang dalam usaha, beberapa diantaranya mungkin sulit untuk status pelajar.

Buat Daftar Pribadi Usaha Tanpa Modal Yang Diinginkan

Sekarang, dari berbagai proses diatas, kumpulkan ide dan peluang bisnis itu menjadi sebuah daftar ketertarikan.

Bisnis tanpa modal itu langka, meminimalisir modal yang dapat dilakukan.
Ujung-ujungnya memerlukan modal? Kenapa harus takut, selalu ada cara mendapatkan modal bisnis meski anda pelajar sekalipun.

Untuk membuat daftar usaha yang akan dipilih, caranya mudah.

Yang pertama Anda hanya harus memantapkan diri, menekan gengsi.

Sederhana kan?

Jadi, didalam daftar yang akan Anda buat jangan batasi semua jenis bidang usaha. Mungkin perlu untuk mengabaikan beberapa bidang yang tidak mungkin dilakukan.
Maksudnya, beberapa bidang biasanya membutuhkan full time, jangan dipilih! Tetap Prioritaskan pendidikan.

Contoh dari bob sadino yang berjualan telur door to door, beliau memanfaatkan kemampuan bahasa inggrisnya untuk menawarkan dagangan pada turis.

Kok bisa jadi sukses ya? Proses!

Sumber disini.

Pelajarannya, bisa saja meniru dengan menjual telur milik orang lain.

Yang seperti itu biasa dikenal dengan reseller, bisa dikategorikan bisnis tanpa modal.

Mulailah dari yang paling kecil dan sederhana, jangan malu untuk memulai. Harusnya Anda malu jika tidak melakukan apa-apa.

Buat daftar dengan mengelompokan jenis usahanya, dan cari referensi bagaimana agar bisnis dapat dijalankan tanpa modal.

Contohnya buat seperti ini:

Temukan Usaha Modal Kecil Atau Bisnis Tanpa Modal

Coret disana dan disini jika dirasa kurang cocok. Jangan hanya memilih yang enak-enak nya saja.

Umumnya, bidang marketing dan jasa dapat dilakukan dengan atau tanpa modal.
Untuk bidang  marketing,

Anda tidak harus memiliki produk sendiri. Mendaftar menjadi affiliasi atau reseller dan dropshipper, selanjutnya mempromosikan produk melalui sosial media atau secara langsung.

Pelajari kiat menjadi reseller dengan memanfaatkan jasa promosi sosial media yang dapat Anda kelola sendiri.

Pertimbangkan memilih bidang jasa jika ternyata Anda memiliki kemampuan dan skill khusus.

Buat desain website, desain baju atau apapun jika terdapat keahlian dalam bidang grafis. Sebelum ‘menjual’, Anda harus terlebih dulu membuktikan.

Minimal kenalkan karya Anda yang dapat dilihat, minta saran untuk pengembangan.

Hal Penting Dalam Melakukan Bisnis Tanpa Modal

Kecenderungan pelajar kurang mumpuni dalam urusan profesionalisme, singkirkan label seperti itu.

Meski bisnis tanpa modal, gambarkan baawa Anda profesional. Jelaskan keterbatasan waktu Anda pada konsumen, tapi jangan pernah mengabaikan deadline yang disepakati.

Atur waktu Anda sebaik mungkin jika ingin serius berbisnis.

Yang terpenting jangan cepat puas dan dekati orang-orang yang sudah mahir berbisnis. Minta masukan dan pikirkan pengembangan jangka panjang.

Bisnis sesederhana apapun akan berpotensi menjadi sebuah usaha maju bahkan berkembang pesat ketika Anda mulai terbiasa membuka dan menutup celah.

Celah disini dimaksud sebagai peluang ataupun resiko.

Semakin Anda menikmati usaha yang telah dibangun dari titik terendah.

…Saya yakin untuk kemungkinan resiko yang belum terjadi sekalipun sudah ada strategi yang dipersiapkan( Mawas diri).

Sebaliknya, ketika terbukanya peluang baru, berkat pengalaman sebelumnya akan sangat mudah untuk memulainya kembali.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *